Senin, 08 Juli 2013

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Menyembuhkan Penyakit

Daun sirih merah (Piper Crocatum) merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan dari sejak jaman nenek moyang kita dulu. Ciri khas sirih merah adalah batangnya bulat, berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun mengilap dan tidak merata. Bila dipegang, daun terasa tebal dan kaku. Sirih merah cenderung tumbuh di tempat teduh. Misalnya, di bawah pohon besar yang rindang atau juga bisa tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk.

Daun sirih merah ini sudah banyak dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti ambeien, sebagai anti mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu, hal yang paling umum dari manfaat daun sirih merah adalah untuk mengurangi keputihan dan kebersihan organ kewanitaan, salah satu manfaat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptik. Segudang manfaat dari daun sirih merah dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, polevenolad, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Senyawa alkaloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, sedangkan senyawa polevenolad dan flavonoid bersifat antikanker, antioksidan, antidiabetik, antiseptik dan antiinflamasi.

Selain banyaknya kandungan yang baik untuk kesehatan, daun sirih merah juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut kami informasikan manfaat daun sirih merah untuk menyembuhkan penyakit, seperti :

1. Penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan luka.

2. Mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

3. Menyembuhkan penyakit TBC tulang.

4. Mencegah dan mengobati penyakit kanker, maag, dan batu ginjal.

5. Mencegah dan mengobati ambeien, keputihan dan bau mulut.

6. Mengobati gigi berlubang, bau mulut serta meredakan gusi berdarah.

7. Meredakan panas demam.

8. Menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan.

9. Mengobati asam urat.

10. Mengatasi dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

11. Menyembuhkan masuk angin.

12. Meredakan nyeri sendi.

13. Mengobati radang prostat.

Itulah beberapa manfaat daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkan daun sirih merah tidaklah sulit karena daun sirih merah banyak tumbuh dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa mengkonsumsi daun sirih merah, jika Anda mengalami gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk mengkonsumsi daun sirih merah pun sangat mudah, dengan merebus daun sirih merah dan sisakan airnya sampai satu gelas dan kemudian meminumnya secara rutin, atau Anda bisa langsung mengkonsumsi daun sirih merah yang sudah banyak tersedia dalam kemasan praktis seperti wedhang herbal sirih merah.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami Dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki khasiat dan manfaat untuk wajah yaitu dapat dijadikan sebagai obat jerawat. Daun yang memiliki nama lain 'Kinang' ini, ternyata mengandung banyak zat berguna untuk melawan jerawat yang muncul di wajah. Apa saja zat-zat berguna tersebut?


Zat eugenol yang berperan sebagai antifungal (anti jamur) sehingga mampu menghambat perkembangan sel tunas penyebab jerawat.
Zat antiseptik berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Antiseptik yang terkandung dalam daun sirih 5 kali lebih efektif dibandingkan fenol biasa.
Zat antibakteri berguna untuk mencegah pertumbuhan jerawat dengan cara mengganggu metabolisme mikroba yang merugikan.
Mengobati jerawat secara alami dengan ramuan tradisional daun sirih sudah banyak dilakukan oleh wanita maupun pria jaman dahulu. Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan.


Bahan-bahan Yang Dibutuhkan
  • 10 lembar daun sirih
  • 1 gelas air hangat
  • Garam halus secukupnya

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Daun Sirih?Setelah menyiapkan ketiga bahan-bahan diatas, selanjutnya membuat ramuan obat jerawat dengan cara yang mudah


  1. Tumbuk daun sirih sampai halus kemudian campurkan 1 gelas air hangat.
  2. Setelah air berwarna hijau dan berbau daun sirih lalu disaring
  3. Air hasil saringan tadi selanjutnya dicampur dengan garam dapur halus kemudian diaduk sampai tercampur rata
  4. Cuci muka anda dengan air ramuan yang baru saja anda buat, tunggu 1 – 2 jam lalu cuci muka dengan air bersih.
  5. Mengatasi jerawat secara alami menggunakan ramuan daun sirih dapat anda lalukan teratur sampai jerawat di wajah anda menghilang. Jika anda sudah bosan dengan produk obat jerawat yang sudah anda gunakan, cara ini dapat menjadi alternatif menghilangkan jerawat.

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

obat keputihan
Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan. Daun sirih telah berabad-abad dikenal oleh nenek moyang kita sebagai tanaman obat berkhasiat. Tanaman yang bernama latin Piper betle lynn yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia ini dipakai untuk mengatasi bau badan dan mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta mengobati keputihan pada wanita. Ini karena tanaman obat yang sudah dikenal sejak tahun 600 SM ini mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman. Kandungan fenol dalam sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif dibandingkan dengan fenol biasa.

Dalam farmakologi Cina, sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Secara tradisional mereka menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Pada pengobatan tradisional India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan, bersifat antiseptik, dan bahkan meningkatkan gairah seks.

Dengan sifat antiseptiknya, sirih sering digunakan untuk menyembuhkan kaki yang luka karena mengandung styptic buat menahan pendarahan dan vulnerary, yang menyembuhkan luka pada kulit. Pada daunnya terkandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri). Ada juga kandungan tannin pada daunnya yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada miss “V”, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More