Selasa, 07 Mei 2013

Manfaat dan kandungan buah manggis

Manggis adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia dan juga di Amerika Selatan lebih tepatnya Kolombia. 

Kandungan yang terdapat di dalam buah manggis yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah zat xanthones, antimikorbial, antioksidan dan catechins. 

Xanthones di dalam buah manggis adalah senyawa kimia alami yang terbukti memiliki berbagai sifat meningkatkan tenaga. Xanthone telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan lebih kuat daripada vitamin E, salah satu antioksidan yang paling kuat dikenal alam ini.

Hasil peneletian oleh ORAC menunjukkan bahwa satu ons jus manggis memiliki kemampuan 20 sampai 30 kali lebih besar dalam menyerap radikal bebas dibandingkan dengan satu ons buah-buah lain dan sayuran.

Manggis juga mengandung senyawa lain alam potensial seperti katekin, polisakarida, kuinon, stilbenes dan polifenol. Catechin memiliki kemampuan lima kali lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin C.

Polisakarida sangat ampuh sebagai anti-kanker dan anti-bakteri. Polisakarida membantu memblokir kemampuan sel bermutasi yang menempel pada sel-sel sehat untuk membantu menghentikan penyebaran kanker, dan secara khusus efektif terhadap bakteri intraseluler.

Quinones dikenal untuk anti-bakteri dengan sifat sebagai oksidan kuat.

Stilbenes juga merupakan antioksidan yang kuat.

Polifenol yang ditemukan jauh lebih lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin E, yang dianggap salah satu antioksidan yang dikenal paling kuat.

Kandungan zat-zat dalam buah manggis yang baik ini sehingga sangat disarankan untuk Ibu hamil karena sangat bagus efeknya bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.


Berikut ini adalah daftar manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh:

Manggis Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya 
Kandungan zat xanthones pada buah manggis mencegah dari potensi penyakit berbahaya seperti diabets diabetes, Alzheimer, jantung, kanker dan arthritis.

Manggis Untuk Menjaga Berat Badan dan Menghindari Kegemukan
Gemuk disebabkan oleh membran sel di dalam tubuh mudah membesar dan kemudian mengeras. Zat xanthones memiliki kemampuan melunakkan kembali sel-sel, selain itu juga mampu dalam mempercepat pembakaran makanan menjadi energi. 

Manggis Untuk Mencegah Serangan Jantung 
Penyakit jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang berada di sekitar jantung tidak lagi elastis. Zat antioksidan dan antimikorbial dalam manggis memiliki kemampuan memulihkan pembuluh darah menjadi elastis. Dengan elastisitas pembuluh darah di sekitar jantung yang terjaga, maka jantung akan tetap dalam kondisi sehat.

Manggis Dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Buah manggis mampu mengatasi gangguan pada pembuluh darah sehingga pada akhirnya juga mengatasi tekanan darah tinggi. 

Menjaga Saluran Pencernaaan dan Saluran Kencing
Masalah pada pencernaan dan saluran kencing bisa terjadi dikarenakan oleh tumbuhnya bakteri di dalam saluran. Kandungan zat xanthones buah manggis mampu mengatasi serangan bakteri dalam pencernaan ini. 

Manfaat Manggis Untuk Diabetes
Zat-zat yang dalam buah manggis mampu menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, serta mengurangi kelebihan gula dalam darah. Kemampuan inilah yang bekerja untuk menyembuhkan dan juga mencegah diabetes.

Untuk Kanker
Ekstrak buah manggis mampu mencegah tumbuhnya sel-sel yang terjadi pada penderita leukimia. Kemampuan menghambat sel ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penderita kanker hati, usus, dan paru-paru.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More