Jumat, 10 Mei 2013

Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan itu apa saja ya? apakah anda sudah mengetahuinya? Bawang putih merupakan salah satu bahan penyedap ketika memasak, tentu anda sudah tahu kan. Tetapi ketika anda ditanya apa manfaat bawang putih bagi kesehatan, kami yakin anda belum tentu tahu.. Ternyata bawang putih mempunyai kandungan bahan kimia biologis yang sangat bermanfaat.bagi tubuh kita. Selain itu, kandungan anti oksidan, anti bakteri, anti virus dan sifat anti jamur. Sangat banyak bukan kandungan didalam bawang putih?

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita, silahkan anda menyimak informasi berikut ini

Berikut manfaat bawang putih bagi  kesehatan


1. Membantu menyembuhkan sakit gigi
Nah, bagi anda yang sering tersiksa karena sakit gigi yang sangat menyakitkan, cobalah melirik bawang putih sebagai alternatif untuk mengatasinya. Perlu anda ketahui, kandungan sifat anti bakteri dan anestesi pada bawang putih dapat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. 


2. Menurunkan kadar kolesterol
Jika anda termasuk salah seorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, anda bisa menjadikan bawang putih untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Konsumsilah dengan rutin untuk hasil yang maksimal.


3. Mengatur kadar gula darah
Bawang putih mampu membantu proses pelepasan insulin pada penderita diabetes.


4. Mengatasi masalah kulit
Bawang putih merupakan salah satu obat infeksi dan anti bakteri yang alami. Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu mengatasi permasalahn kulit anda. Bahkan ada sebuah informasi yang mengatakan bahwa bawang putih mampu menyembuhkan kutil.


Mungkin anda juga tertarik membaca yang ini, tips agar putri anda mau berjilbab. Itulah artikel seputar manfaat bawang putih bagi kesehatan tersebut. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk anda semua.

MANFAAT / KHASIAT BAWANG PUTIH UNTUK PENGOBATAN :

1. BORNCHITIS
1 Siung bawanng putih + 15 gram jahe + 3 buah mengkudu / pace matang dipotong-potong. Semua bahan lalu diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk sampai rata dan kemmudian diminum (LAKUKAN SECARA TERATUR).
2. INFLUENZA
2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 2 buah mengkudu / pace yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih kemudian airnya diminum selagi hangat.
3. REMATIK
15 gram akar bawang putih + 5 butir cengkih + 1 buah mengkudu / pace yang matang dicuci lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya kemudian diminum.
4. BERI-BERI
1 siung bawang putih + 50 gra pepya matang + 100 gram anggur. Semua bahan dijus tambahkan air secukupnya lalu diminum.
5. MIGRAIN
2 batang daun bawang putih + 15 gram jahe + 5 buah manggis (ambil dagingnya). Semua bahan diblender dengan air secukupnya lalu diminum.
6. DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
1 siung bawang putih + 1 buah pisang + `5 gram jamur hioko yang telah direndam samaoilebut, lalu dikukus hingga matang. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, tambahkan 2 sendok makan madu aduk rata kemudian diminum.
7. RADANG TELINGA
2-3 batang daun bawang putih + 30 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya + 3 buah manggis (ambil dagingnya). Semua bahan diblender dengan air scukupnya lalu diminum.
8. SINUSITIS
2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 10 gram rambut jagung diblender dengan iar hangat secukupnya, lalu diminum.
9. ASMA
7 Siung bawang putih dimasukan kedalam bagian tengah 1 buah melon ukuran kecil (yang telah dikupas kulitnya) yang telah dilubangi, lalu tutup kembali. Setelah itu kukus sampai matang dan blender dengan air secukupnya, lalu diminum.
10. BATUK
1 siung bawang putih + buah belimbing manis diblender dengan air secukupnya, lalu tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata lalu minum.
11. DIARE
5 buah bawang puith yang telah dukukus, diblender dengan 150 cc air hangat. Minum selagi hangat.
12. GONDONGAN (PAROTITIS)
3 batang daun bawang putih + 1 butir putih telur ayam (rebus hingga matang) diblender dengan air secukupnya + madu secukupnya, aduk rata lalu minum.
14. SERING BUANG AIR KECIL (POLYURIA)
Bawang puith secukupnya + 10 gram jahe + 250 gram ubi jalar merah dibakar dengan kertas aluminium foil hingga matang. Semua bahan direndam dengan air garan selama 2 jam, lalu saring airnya. Setelah disaring airnya, semua bahan diblender dengan air secukupnya lalu diminum.
15. HAID TERASA SAKIT
3 batang daun bawang putih + 15 gram adas diblender dengan 200 cc air hangat, lalu diminum.
16. KANKER LAMBUNG
20 gram bawang putih diblender denga air saringan seduhan teh hijau dan 500 cc air panas selama 5 menit, lalu tambahkan 25 gram gula merah kemudian diminum.
17. KANKER PARU-PARU
Bawang putih dijus secukupnya, lalu diminum sebanyak 10-30 cc.
18. KANKER PAYUDARA
3 siung bawang puith + 200 gram brokoli dikukus 30 menit , lalu diblender dengan air secukupnya. Tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata lalu diminum.
19. PENCEGAH KERACUNAN
6 gram bawang puith dibersihkan lalu dimakan selama dua kali sehari.
20. BISUL, BOROK DAN BENGKAK KARENA KERACUNAN
Bawang putih secukupnya ditumbuk lalu dibubuhkan kebagian tubuh yang sakit tutup denga kain / verban.
21. DISENGAT LIPAN
Tumbuk bawang putih secukupnya dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.
22. OBAT PENCEGAH PIKLEK
Tumbuk bawang putih secukupnya sampai halus kemudian tambahkan air matang yang dingin secukupnya sampai tercampur. Campuran ini teteskan ke hidung secara teratur.
23. PENCEGAH DISENTRI
10 gram bawang putih dikupas kulitnya tumbuk halus rendam selama 6 jam dalam air hangat yang matang dan tambahkan gula secukupnya. Bagi tiga bagian dan minum 3 X sehari.
24. TBC
30 gram bawang putih berwarna keunguan kupas kulitnya + 30 gram beras. Bawang putih yang telah dibersihkan masukan kedalam air mendidih selama 1 menit (masak setengah matang). Air rebusan bawang putih campur dengan beras, masak kedalam dandang. Makan setelah makan nasi Lakukan setipa hari dengan tambahan konsumsi bawang putih 4-5 siung setiap hari selama 100 hari.
25. PENCEGAH RADANG SELAPUT OTAK BELAKANG
5 gram bawang putih bersihkan, lalu dimakan pada waktu makan. Selesai makan cuci mulut dengan air garam . Lakukan selama 3 hari.
26. PENDARAHAN HIDUNG
Tumbuk 10 gram bawang putih dan letakkan ditelapak kaki bagian tengah penderita. Jika pendarahan berasal dari hidung sebelah kanan, bawang putih tadi letakkan dibagian telapak kaki sebelah kanan penderita, begitu sebaliknya. Jika pendarahan dari kedua lubang hidung, maka letakkan dikedua telapak kaki. Pendarahan tidak akan berhenti sampai telapak kaki panas.
27. RADANG LAMBUNG AKUT.
Kupas kulit 6 gram bawang putih tambahkan garam secukupnya kemudian ditumbuk. Kemudian tambahkan air hangat yang matang dan sajikan 1-2 kali sehari kepada penderita. Lakukan selama beberapa hari.
28. PENGUMPULAN CIRAN SEROSA DIDALAM RONGGA PERUT (ASCITES)
Penyebabnya karena mengerasnya jaringan hati. Untuk pengobatan bawang putih secukupnya direbus dalam minyak kacang tanah dan dimakan sebagai sayur. Lakukan tiap hari selama 2-3 bulan.
29. IMPOTENSI
10 grma bawang putih + 10 gram adas + 25 gram pulosari + 20 gram merica + 5 gram kunyit + 10 gram madu + 2 butir telur ayam kampung. Bahan adas, pulosari, merica dan bawang putih ditumbuk halus jadi satu dan bubuhi air panas secukupnya. Setelah agak dingin campurkan madu dan kuning telur ayam tadi lalu aduk hingga rata. Ramuan ini diminum menjelang tidur malam atau pada pagi hari dua kali dalam seminggu selama sebulan.
30. MENINGKATKAN STAMINA
Makan 1 siung bawang putih bersama daun seledri. Lakukan sehari dua kali ( pagi dan sore hari ).
31. SAKIT GIGI
Umbi bawang putih secukupnya dihancurkan terlebih dahulu lalu sisipkan kedalam gigi yang sakit kemudian angkat setelah 15 menit. Bila terasa panas membakar jangan diulangi ramuan ini.
32. ISTRI MANDUL
2 siung bawang putih + 10 gram umbi bangle + 5 gram jungrahap + 5 gram kencur + 5 gram manis jangan. Semua bahana dicampur ditumbuk halus, kemudian diberi air panas lalu diperas dan disaring hingga airnya tersisa1 gelas. Ramuan ini diminum pagi hari dan lakukan dua hari sekali.
33. MEMPERTAHANKAN KEBUGARAN TUBUH
Haluskan bawang putih secukupnya + wortel secukupnya + daun seledri + merica bubuk + garam secukupnya. Blender semua bahan sebagai jus. Minum jus tersebut dua kali dalam satu minggu dan lakukan secara teratur.
34. MEMPERTAHANKAN GAIRAH SEKSUAL
35. MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL
36. MENURUNKAN GULA DARAH

37. MENGHILANGKAN LOGAM BERAT
38. MELINDUNGI SERNGAN KANKER
39. PENAWAR RACUN
40. PENGOBATAN GANGGUAN PENCERNAAN.
Demikian diantara manfaat bawang putih sebagai obat herbal alami / obat tradisional yang bisa diterapkan. (sumber : pengobatan-herbal-alamidotcom)

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Banyak khasiat bawang merah yang bisa digunakan untuk pengobatan sejumlah penyakit antara lain :

  • Sifat minyak yang terkandung dalam air bawang merah bisa digunakan untuk membunuh sejumlah mikroba staphylococci, juga mikroba streptococci yg merupakan jenis mikroba penyebab penyakit radang pada torak dan kerongkongan. Dapat membunuh mikroba diphtreria, amuba disentri, dan mikroba TBC.Cara penggunaannya yaitu dengan menghirup aroma atau memakannya
  • Dapat meminimalisir pembekuan darah, caranya dengan memakan umbi bawang merah mentah yang di campur dengan keju.
  • Menjadikanya sebagai bahan kompres untuk menyembuhkan penyakit dari luar. Caranya yaitu dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa bagian kecil selanjutnya dipanaskan. Cara penggunaaan kompresan yaitu dengan meletakannya pada bagian-bagian tubuh yg akan diobati lalu mengikatnya. Kompresan ini diganti setiap 12 jam. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara ini antara lain : Batuk rejan dan radang paru. Letakkan kompresan di bagian dada. Melancarkan buang air kecil, letakkan kompresan diatas ginjal / kantong kemih. Gangguan pada fungsi pengaturan darah, letakkan kompresan pada bagian atas telapak kaki. Mengeluarkan darah kotor dan nanah, letakkan kompresan di bagian atas luka.
  • Menghilangkan rasa perih pada bagian-bagian tubuh yang luka dengan memanfaatkan air perasan bawang merah.
  • Menghilangkan pecah-pecah pada bagian puting. Caranya bawang merah dihaluskan dan mencampurnya dengan minyak zaitun, lalu di oleskan kebagian kulit yang pecah-pecah.
  • Menyembuhkan penyakit cacingan pada anak-anak. Caranya beri si anak minuman hasil seduhan dari potongan-potongan bawang merah yang telah disimpan selama satu malam. Sebelum diminumkan, tambahkan dahulu sedikit madu kedalam seduhan tersebut.
  • Menghilangkan rasa pusing dan menyadarkan orang pingsan. Caranya dengan mendekatkan bawang merah mentah ke bagian hidung penderita.
  • Membantu menghilangkan kalu dan mata ikan pada bagian kaki.
  • Kengunaan bawang merah lainnya yaitu dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit flu.
Demikian ulasan singkat tentang manfaat dan khasiat bawang merah sebagai tanaman

Manfaat kapulaga

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.Kapulaga atau di sebut juga Amomum cardamomum selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.

Kapulaga banyak sekali manfaatnya termasuk juga bagi kesehatan!

Nama asing kapulaga adalah pai thou kou (bahasa Tionghoa). Orang Yunani menyebut buah itu cardamomom yang kemudian dilatinkan oleh orang Romawi menjadi cardamomum. Dalam bahasa Inggris disebut cardamom. Dalam bahasa Thai disebut krava, elaichi dalam bahasa Hindi, dan elakkaai dalam bahasa Tamil.
Budidaya Kapulaga

Semula ditemukan tumbuh alamiah di daerah Pegunungan Malabar, pantai barat India. Karena laku di pasar dunia, kemudian banyak ditanam di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala. Di Indonesia mulai dibudidayakan sejak 1986.

Dalam perdagangan kemudian ditawarkan juga varietas kapulaga lain dari pegunungan tinggi Mysore (India) yang buah lonjongnya lebih membulat, dan lebih disukai karena lebih sedap. Berbeda dengan kapulaga Malabar yang tandan bunganya merayap, tandan bunga kapulaga Mysore tumbuh tegak. Dari Sri Lanka ditawarkan Elettaria cadamomum var. major sebagai Ceylon cardamom. Buahnya lebih lebar dan pipih daripada kapulaga Malabar, E. cardamomum var. minor. Dari Thailand, kemudian juga ditawarkan Siamese cardamom yang masih sejenis dengan kapulaga Indonesia , Amomum cardamomum.

Bentuk fisik Kapulaga

Tumbuhan kapulaga tergolong dalam herba dan membentuk rumpun, sosoknya seperti tumbuhan jahe, dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter dan tumbuh di hutan-hutan yang masih lebat. Kapulaga hidup subur di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut.

Awalnya memang hidup liar, namun kini kapulaga dibudidayakan sebagai tanaman rempah. Tumbuhan berbatang basah ini memiliki batang berpelepah daun yang membalut batangnya. Letak daunnya berseling-seling. Bunga tumbuhan ini tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpangnya. Buahnya berbentuk bula telur, berbulu, dan berwarna kuning kelabu. Buahnya berkumpul dalam tandan kecil dan pendek. Bila masak, buahnya akan pecah dan membelah berdasarkan ruang-ruangnya. Di dalamnya terdapat biji yang berbentuk bulat telur memanjang.

Buah Kapulaga

Kapulaga berbuah pada umur 3 tahun. Buah kapulaga muncul dari batang semu dekat tanah, dan merayap bersama tandannya yang sepanjang 1 m, ke tanah sekitarnya. Supaya tidak kotor kecipratan tanah kalau hujan, petani pemiliknya menyelipkan lembaran plastik sebagai alas di bawah tandan buah itu.

Buah lonjong sepanjang 1 cm yang bersisi tiga itu dipetik kalau sudah montok, padat berisi, setengah matang. Warna hijaunya sudah berubah hijau muda. Tadinya hijau tua. Ketika berubah warna itulah baunya sedap sesedap-sedapnya.

Di India, buah yang sudah dikeringkan, disortir menurut ukuran dan warnanya. Yang sudah kuning jerami cantik, dikemas sebagai buah siap jual, sedangkan yang belum dipucatkan dulu dengan uap belerang. Penjagaan mutu inilah yang membuat India menjadi pengekspor kapulaga yang digemari orang.

Buah yang sudah kering menjadi keriput, bergaris-garis, berisi 4 – 7 butir biji kecil coklat kemerah-merahan. Rasanya agak pedas seperti jahe, tetapi baunya tidak.

Aroma Kapulaga

Kapulaga memiliki aroma bau sedap sehingga orang Inggris menyanjungnya sebagai grains of paradise. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu
borneol (suatu terpena) yang berbau kamper seperti yang tercium dalam getah pohon kamper
alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain
limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok
alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun
cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih.

Kombinasi inilah yang membentuk aroma khas kapulaga.

Khasiat Kapulaga

Biji, yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar, dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang.

Beberapa pabrik bumbu juga mengekstrakkan minyak asiri dari biji kapulaga menjadi oil of cardamom yang kemudian dikemas dalam botol. Dalam bentuk minyak ini pula, kapulaga dipakai untuk menyedapkan soft drink dan es krim Amerika di pabriknya.

Ada juga artikel Kapulaga di bawah yang bisa anda jadikan tambahan:

Sifat dan aromanya khas. Karenanya kapulaga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Tak jarang, tanaman semak ini digunakan untuk ramuan pereda gangguan tenggorokan. Kandungan minyak atsirinya bermanfaat sebagai pengencer dahak atau ekspektoran.

Sudah hampir dua minggu, Sani (33 tahun), merasa judek diganggu sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh. Padahal sudah berulang kaii diobati dengan antibiotika. Selama sakit tenggorokan, badannya jadi kerap masuk angin. Minum air es sedikit saja kontan pilek dan tidak enak badan.

Setelah berganti dokter ia disarankan tidak mengosumsi obat antibiotik lagi tetapi cukup minum teh kapulaga yang harganya jauh lebih murah. Awalnya bapak dua anak ini tak yakin ketika membeli serutan batang kapulaga kering di toko obat tradisional, meski tetap meneruskan membuat ramuan.

Caranya, ia mengambil dua sendok teh serutan batang kapulaga yang telah ditumbuk dan dikeringkan. Ekstrak kapulaga itu direbus dan disaring, lalu diminum seperti halnya minum teh, boleh ditambahkan sedikit gula agar terasa manis.

Hasilnya memang tidak langsung terasa. Namun, efeknya ternyata justru luar biasa. Setelah rutin minum teh serutan batang kapulaga, lendir yang mengotori tenggorokan itu akhirnya keluar semua.

Di kalangan penggemar herbal, kapulaga terkenal sebagai ekspektoran. Beberapa penelitian mengungkapkan khasiat ekspektoran itu ternyata berasal dari kandungan minyak atsiri sineol, si karminatif yang juga bekerja pada obat masuk angin. Sineol yang serupa tetapi tak sama dengan eukaliptol kayu putih ini lebih pedas, tetapi sejuk saat ditelan. Biasa dipakai untuk membuat peppermint palsu.

Diungkapkan Susanto, pengembang tanaman kapulaga di Cinere, selain dibuat ramuan pengencer dahak, serutan batang kapulaga yang telah dikeringkan dapat dimanfaatkan sebagai minuman. Minuman kapulaga ini dapat ditemui di sebuah restoran Arab di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Dalam budaya masyarakat Badui, minuman kapulaga dimanfaatkan untuk penghangat sekaligus pendongkrak daya tahan tubuh.

Obat Luar dan Dalam

Selama ini kapulaga secara massal digunakan sebagai campuran jamu. Di beberapa daerah, kapulaga dikenal dengan nama kapoi-kapulaga lokal, palago, karkolaka.

Secara fisik kapulaga tergolong dalam herba yang dapat mencapai ketinggian 2-3 meter dan tumbuh di hutan lebat. Kapulaga hidup subur di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut. Awalnya memang hidup liar sebagai tanaman semak, tetapi kini kapulaga dibudidayakan sebagai tanaman rempah.

Selain batangnya, biji kapulaga yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar sering dimanfaatkan sebagai bahan baku ramuan. Biji kapulaga yang telah kering sering disebut semen cardamomi. Baglan lain yang digunakan untuk ramuan adalah akar dan buah.

Kandungan kimia dalam kapulaga di antaranya minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein gula, dan sedikit lemak. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat ekspektoran, peluruh kentut (antimasuk angin), dan antibatuk.

Ada dua cara untuk memperoleh khasiat kapulaga. Untuk pengobatan luar, dengan merebus atau menghaluskan semua bagian tumbuhan ini, lalu airnya atau adonan halusnya dibalurkan ke bagian yang sakit. Untuk pengobatan dalam, biji kapulaga ditumbuk lalu direbus dan air saringannya diminum.

Dijelaskan Susanto, untuk pengobatan luar kapulaga bisa dijadikan bahan baku cairan untuk mengatasi bau mulut (air rebusan campuran bunga kapulaga dan bahan lain untuk berkumur) dan batuk rejan (adonan halus campuran bahan dioleskan pada dada dan leher).

Sebaliknya, untuk pengobatan dalam kapulaga dapat mengatasi gangguan tenggorokan, kembung, kejang perut, sakit perut, masuk angin, bau mulut (air rebusan bahan-bahan diminum), muntah, radang lambung (maag), dan demam.

Pengharum Mulut

Sebagai anggota suku jahe-jahean, tanaman bernama Latin Elettariaa cardamomum ini semula ditemukan tumbuh alamiah di Pegunungan Malabar, di Pantai Barat India. Karena laku di pasar dunia, ia pun dikembangkan di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala.

Di Indonesia tanaman ini dikembangkan sejak lama, terutama di daerah Jawa dan Sumatera. Biji kapulaga lokal dipercaya mengandung minyak atsiri, bahkan lebih harum, sehingga dulu sering dijadikan mut-mutan untuk pengharum mulut. Sayangnya, sejak dunia kebanjiran beragam permen penghilang bau mulut, kapulaga lokal tidak dipakai lagi karena dianggap kurang praktis.

Ada dua jenis kapulaga, yakni kapulaga India dan kapulaga lokal yang disebut kapoi. Dalam buku resmi jahe-jahean, kapoi masih tetap ditulis resmi kapulaga (kadang diberi embel-embel “lokal”). Sementara kapulaga keturunan India ditulis kapulaga sabrang.

Sebelum digunakan, buah kapulaga sengaja tidak dikupas. Jika hendak dipakai, buah sebanyak satu sendok makan ditumbuk ringan dalam lumpang porselen kecil, agar terlepas dari kulit buahnya. Biji pecah kulit ini kemudian diayak untuk dibuang kulitnya. Bijinya ditumbuk lebih lanjut sampai halus atau setengah kasar sesuai keperluan. Inilah yang dibubuhkan pada masakan atau dibuat ramuan. Menumbuknya sebaiknya sebagian-sebagian, beberapa saat sebelum dipakai, sehingga kesegarannva masih terasa benar.

Susanto menyarankan, kapulaga harus disimpan berupa buah yang masih ada kulitnya yang utuh. Kulit ini dapat melindungi biji terhadap udara kering dan panas, sekaligus menjaga bau sedapnya tidak cepat hilang. Bila ingin memanfaatkan batangnya, sebaiknya pilih yang masih muda dan segar.

Menurut sejarahnya, kapulaga lebih dikenal sebagai penyedap masakan. Kandungan minyak atsirinya juga yang membuat baunya jadi sedap saat dicampur ke masakan. Sampai sekarang, tumbukan bijinya dipakai untuk menyedapkan masakan kari India, nasi goreng versi Belanda, dan martabak telur asal Malabar.

Di Indonesia, selain untuk beragam ramuan, kapulaga sering digunakan untuk campuran sup buntut dan daging olahan.

Kamis, 09 Mei 2013

Manfaat dan kandungan kunyit

Kandungan serta manfaat kunyit :: Kunyit sebagai salah satu bahan rempah, sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat Indonesia untuk beberapa jenis masakan. Selain itu, penggunaan kunyit sebagai obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit juga sudah mulai digunakan sejak dulu.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejumlah manfaat kunyit sebagai salah satu tanaman obat makin banyak ditemukan.

Klasifikasi kunyit
Tanaman yang tergolong kedalam kelompok jahe-jahean ( Zingiberanceae ) dan terbagi kedalam empat jenis ( kunyit putih, merah, hitam, kuning) ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut :

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan).
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh).
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji).
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).
  • Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil).
  • Sub Kelas: Commelinidae.
  • Ordo: Zingiberales.
  • Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean).
  • Genus: Curcuma.
  • Spesies: Curcuma longa L.

Kandungan Kunyit
Kunyit memiki kandungan kimia yang berguna untuk kesehatan tubuh, antara lain :
Kurkumin (terdiri dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin ), minyak asitri ( turmeron, keton sesquiterpen, 60% tumeon, 25% zingiberen, sabinen, felandren, sineil, dan borneon ), 1-3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta garam-garam mineral ( zat besi, fosfor, kalsium).

Beberapa manfaat Kunyit

  • Kunyit bersifat antiseptik ,dpt digunakan untuk menyembukan luka dengan cepat.
  • Konsumsi kunyit secara rutin dan teratur dapat menurunkan resiko kanker dan tumor pada tubuh.
  • Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat menjaga kesehatan kulit anda, kunyit juga dapat membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh
  • Melindungi tubuh dari serangan leukemia
  • Membantu menghilangkan racun serta bahan kimia negatif dalam tubuh.
  • Baik dikonsumsi bagi anda yg sedang menjalankan program diet, karena kunyit dapat membantu menurunkan berat tubuh
  • Membantu melancarkan asi pada ibu menyusui
  • Melancarkan haid
  • Mengobati maag pada lambung
  • Mengobati amandel, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, morbili
  • Dan lain-lain.

Selain dapat memberikan manfaat, ternyata kunyit juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, antara lain :

  • Menyebabkan gangguan pada lambung
  • Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, sehingga wanita hamil dan ibu menyusui sebisa mungkin mengurangi konsumsi kunyit.
  • Sejumlah zat/senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh.
  • Bagi anda yg sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi

Demikian ulasan mengenai kandungan serta manfaat kunyit untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat dan silahkan baca artikel blog kami lainnya.


Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Kunyit

Selasa, 07 Mei 2013

Manfaat dan kandungan buah manggis

Manggis adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia dan juga di Amerika Selatan lebih tepatnya Kolombia. 

Kandungan yang terdapat di dalam buah manggis yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah zat xanthones, antimikorbial, antioksidan dan catechins. 

Xanthones di dalam buah manggis adalah senyawa kimia alami yang terbukti memiliki berbagai sifat meningkatkan tenaga. Xanthone telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan lebih kuat daripada vitamin E, salah satu antioksidan yang paling kuat dikenal alam ini.

Hasil peneletian oleh ORAC menunjukkan bahwa satu ons jus manggis memiliki kemampuan 20 sampai 30 kali lebih besar dalam menyerap radikal bebas dibandingkan dengan satu ons buah-buah lain dan sayuran.

Manggis juga mengandung senyawa lain alam potensial seperti katekin, polisakarida, kuinon, stilbenes dan polifenol. Catechin memiliki kemampuan lima kali lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin C.

Polisakarida sangat ampuh sebagai anti-kanker dan anti-bakteri. Polisakarida membantu memblokir kemampuan sel bermutasi yang menempel pada sel-sel sehat untuk membantu menghentikan penyebaran kanker, dan secara khusus efektif terhadap bakteri intraseluler.

Quinones dikenal untuk anti-bakteri dengan sifat sebagai oksidan kuat.

Stilbenes juga merupakan antioksidan yang kuat.

Polifenol yang ditemukan jauh lebih lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin E, yang dianggap salah satu antioksidan yang dikenal paling kuat.

Kandungan zat-zat dalam buah manggis yang baik ini sehingga sangat disarankan untuk Ibu hamil karena sangat bagus efeknya bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.


Berikut ini adalah daftar manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh:

Manggis Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya 
Kandungan zat xanthones pada buah manggis mencegah dari potensi penyakit berbahaya seperti diabets diabetes, Alzheimer, jantung, kanker dan arthritis.

Manggis Untuk Menjaga Berat Badan dan Menghindari Kegemukan
Gemuk disebabkan oleh membran sel di dalam tubuh mudah membesar dan kemudian mengeras. Zat xanthones memiliki kemampuan melunakkan kembali sel-sel, selain itu juga mampu dalam mempercepat pembakaran makanan menjadi energi. 

Manggis Untuk Mencegah Serangan Jantung 
Penyakit jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang berada di sekitar jantung tidak lagi elastis. Zat antioksidan dan antimikorbial dalam manggis memiliki kemampuan memulihkan pembuluh darah menjadi elastis. Dengan elastisitas pembuluh darah di sekitar jantung yang terjaga, maka jantung akan tetap dalam kondisi sehat.

Manggis Dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Buah manggis mampu mengatasi gangguan pada pembuluh darah sehingga pada akhirnya juga mengatasi tekanan darah tinggi. 

Menjaga Saluran Pencernaaan dan Saluran Kencing
Masalah pada pencernaan dan saluran kencing bisa terjadi dikarenakan oleh tumbuhnya bakteri di dalam saluran. Kandungan zat xanthones buah manggis mampu mengatasi serangan bakteri dalam pencernaan ini. 

Manfaat Manggis Untuk Diabetes
Zat-zat yang dalam buah manggis mampu menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, serta mengurangi kelebihan gula dalam darah. Kemampuan inilah yang bekerja untuk menyembuhkan dan juga mencegah diabetes.

Untuk Kanker
Ekstrak buah manggis mampu mencegah tumbuhnya sel-sel yang terjadi pada penderita leukimia. Kemampuan menghambat sel ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penderita kanker hati, usus, dan paru-paru.

Tips menghilangkan jerawat.

Tips menghilangkan jerawat. Lidah buaya dikenal memiliki sifat antibakteri dan astringen (menetralisir lemak) sehingga baik untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat. Selain itu lidah buaya juga mengandung vitamin A dan E yang mampu menyehatkan kulit. 

Tak cukup sampai di situ, lidah buaya ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan luka bekas jerawat. Menurut situs

GrannyMed.com, Anti-inflamasi lidah buaya mampu meredakan kemerahan dikaitkan dengan bekas jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung gel emolien yang melembutkan dan melembabkan jaringan parut. 

Tips menghilangkan jerawat , anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :

Lidah buaya


  • Ambil daun lidah buaya, bersihkan bagian luarnya dengan air bersih kemudian ambil gel yang ada di dalamnya dengan cara disendoki atau kulitnya dikupas dengan pisau. 
  • Aplikasikan gel tersebut pada wajah anda hingga menyerupai masker 
  • Diamkan sampai mengering (sekitar 15 menit) 
  • Jika sudah mengering bilaslah dengan air bersih 
  • Keringkan dengan handuk lembut yang bersih dengan cara ditepuk-tepuk (handuknya jangan digosokkan ke wajah nanti bisa iritasi) 
  • Terapkan aplikasi tersebut tiap malam menjelang tidur setidaknya 1 minggu sebanyak 3 kali. Jangan terlalu sering karena kalau berlebihan juga kurang baik.

Mentimun :

Tentunya pasti anda sudah tau dengan buah yang satu ini kan,yang biasa banyak di gunakan oleh ibu-ibu di dapur.Ini pun ada kegunaanya buat mengatasi jerawat.kandungan antioksidanya dapat menyukan kulit kita, 


  • ambil mentimun lalu parut hingga halus setelah itu
  • oleskan pada jerawat yang meradang tunggu sekitar 10-15 menit setelah itu
  • bilas dengan air bersih.

Daun papaya : 

Daun papaya selain merupakan sayuran yang pasti anda sudah tau akan rasanya yang pahit,tapi hal ini ada manfaatnya. 


  • Ambil beberapa lembar daun papaya yang sudah tua lalu jemur dan biarkan agak mongering.
  • daun sudah layu campurkanlah dengan sedikit air dan haluskan.
  • Setelah sudah halus anda bisa memakai air perasan tersebut dan
  • terutama oleskan pada wajah yang berjerawat,lakukanlah terus hingga jerawat hilang.


Madu selain rasanya yang manis ternyata banyak kandungan yang terkandung di dalamnya yang brrguna bagi tubuh kita,khususnya pada wajah yang berjerawat. 


  • Ambilah madu secukupnya lalu oleskanlah pada wajah kita terutama yang terkena jerawat
  • diamkan selama 10 menit,
  • lalu bilas dengan air bersih.Lakukan ini dengan rutin hingga kulit menjadi halus dan jerawat hilang.

Kulit jeruk dan lemon : 

Tips cara menghilangkan jerawat dengan Jeruk dan lemon buah yang sangat mempunyai kandungan vitamin yang tinggi, tak terkecuali kulitnya juga mempunyai kegunaan bagi manusia untuk mengatasi jerawat. 


  • Ambil kulit jeruk atau lemon secukupnya lalu
  • tumbuk hingga halus kemudian
  • oleskanlah pada jerawat yang meradang
  • tunggu selama 10 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Kuning Telur : 

Kita sudah sama-sama tahu telur merupakan sumber protein bagi kita,tapi siapa sangka ada manfaat yang lain bagi kita untuk mengatasi jerawat. 

  • Ambil telur beberapa butir kemudian
  • pisahkan kuning telur ke dalam mangkuk
  • kocok kuning telur hingga merata setelah itu
  • oleskan kouning telur tersebut pada wajah kita
  • diamkan kira-kira 20 menit,basuhlah dengan kain yang bersih secara perlahan lalu bilas dengan air hangat.

Demikianlah tips cara menghilangkan jerawat alami

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More